Sabtu, 14 Juli 2012

Benda-benda berbahaya bagi sikecil yang ada disekitarnya

Ada banyak benda-benda yang berbahaya untuk sikecil yang ada disekitar kita. Anak kecil biasanya penasaran dengan benda yang temuinya. Sebaiknya hindarkan benda-benda berbahaya itu dari jangkauan anak-anak. Benda-beda berbahaya itu diantaranya :

  1. Racun tikus, kebanyakan racun tikus mengandung sedikit zet pengencer darah warfarin. segera bawa kedokter atau kerumah sakit jika anak anda tidak sengaja menelan racun tersebut. Apalagi jika timbul tanda-tanda komplikasi seperti pendarahan yang tidak biasa.
  2. Benda-benda kecil seperti mainan kecil & koin . Benda ini bisa saja tertelan oleh anak anda jadi sebaiknya hindarkan benda-benda kecil dari jangkauan anak-anak.
  3. Minyak seperti minyak lampu, bensin, minyak tanah, cairan ini dapat berakibat fatal jika terhirup kedalam paru-paru, jika anak anda menelannya segeralah bawa ke rumah sakit 
  4. Popcorn, popcorn kecil berbentuk bulat dengan tepi bergerigi berbahaya bagi anak-anak kepingan atau biji jagung yang tidak mekar dapat mengakibatkan anak tersedak, jauhkan popcorn dari jangkauan anak-anak dibawah 4 tahun.
  5. Rokok. Jika benda ini tertelan segeralah minta anak anda untuk memuntahkannya jika terjadi gejala seperti wajah pucat, tidak bergairah dan muntah-muntah segeralah bawa ke dokter.
  6. Batu baterai kecil ( yang berbentuk kancing). Jika tidak ada gejala sakit dalam 2 - 3 hari batu baterai bisa keluar saat buang air besar, namun jika lebih dari itu tidak keluar maka segeralah minta bantuan dokter karena khawatir baterai terhenti ditempat tertentu.
  7. Paku, Peniti, Jarum. Benda ini merupakan benda yang tajam, jika tertelan segeralah bawa kerumah sakit jangan menyuruh anak anda untuk memuntahkannya karena itu akan menyebabkan terlukanya kerongkongan.
  8. Anting atau cincin 
  9. Kapur barus, apabila kapur barus termakan oleh anak anda berilah minum air putih, jangan sekali-kali memberinya air susu murni, lalu segeralah bawa kedokter
  10. Obat nyamuk batang, Mat dan kemenyan. Apabila tertelan bersihkan mulutnya dan perhatikan keadaanya kemudian bawalah ke dokter. Jika yang terminum adalah obat nyamuk cair segeralah bawa kedokter tanpa memberinya minum dan tanpa menyuruh anak memuntahkannya.
  11. Obat-obatan. Jika tertelan setelah diberi air putih suruh dia memuntahkannya. Jika yang tertelan mengandung bahan obat-obatan yang luar biasa, periksalah dengan pasti nama obat yang tertelan dan segeralah menghubungi rumah sakit
  12. Krayon.
  13. Kertas diaper atau tissue. Benda ini tidak menyebabkan keracunan yang dikhawatirkan bisa menyebabkan tenggorokannya tersumbat. Perhatikan selalu keadaanya dalam 1- 2 hari benda ini akan keluar secara alamiah ketika buang air besar. selalu periksa kotoran yang dikeluarkannya untuk memastikan apakah benda ini sudah keluar atau belum.
  14. Gigi tanggal. jika anak anda menelan giginya yang tanggal dan tidak menampakan keluhan seperti batuk dan tersedak, anda tidak perlu cemas karena benda itu akan keluar saat buang air besar.
  15. Racun tanaman/ tanaman yang beracun, jika tertelan maka segeralah bersihkan mulutnya kemudian segera bawa ke dokter dan bawa juga tanaman yang termakan itu.
  16. Biji bunga dan buah. Biji yang tersedot secara tidak sengaja bisa masuk keparu-paru dan menyebabkan masalah pernafasan. buang biji semangka sebelum diberikan pada anak. Jangan berikan biji bunga matahari pada anak dibawah usia 4 tahun. 
  17. Kopi. Jika si anak menelan kopi terlalu banyak dikhawatirkan dia akan keracunan kafein. Jika sudah terlanjur tertelan berusahalah membantu anak anda untuk memuntahkannya dan segeralah bawa kerumah sakit. Hal yang sama juga dilakukan jika anak anda menelan teh terlalu banyak. 

Sumber : A TO Z the Golden Age by MT Indiarti