Sabtu, 14 Juli 2012

Memilih Pengasuh yang tepat


Jika anda termasuk bunda yang bekerja, maka pengasuh menjadi seseorang yang sangat penting dalam kehidupan anda. Tentu saja anda tidak ingin memilih pengasuh yang salah. Mengingat banyak sekali cerita yang kurang baik tentang pengasuh, misalnya ada seorang anak yang sealu diberi obat penurun panas padahal si anak itu tidak sedang sakit ini dilakukan agar si anak tidur sehingga pengasuh bisa santai-santai atau cerita tentang pengasuh yang menculik anak majikannya sendiri. Tentu saja cerita ini membuat anda takut.
Berikut kiat-kiat dalam memilih pengasuh yang tepat :

  1. Pilihlah pengasuh yang berpengalaman. Sebelum anda memperkerjakan sang pengasuh sebaiknya berikan sejumlah pertanyaan kepadanya, sudah berapa lama menjadi pengasuh , bagaimana cara dia mnghadapi anak yang nangis, bagaimana ccara dia berinteraksi dengan anak, bagaimana cara dia memberi makan anak, bagaimana cara dia menidurkan anak dan masih banyak lagi pertanyaan yang bisa anada ajukan untuk mengetahui bagaimana cara dia merawat anak.
  2. Coba tanyakan kepada teman atau kerabat anda untuk mencari referensi . Akan lebih baik jika kita mendapatkan pengasuh yang sudah kita kenal.
  3. Mintalah rekomendasi pada teman atau kerabat.
  4. Lakukan pengawasan terhadap pengasuh anda, akan lebih baik jika dirumah anda ada orang yang mengawasi untuk menghindari kejadian yang tidak dinginkan
  5. selalu bertanya kepada sikecil apakah dia nyaman dengan pengasuhnya atau tidak
  6. Amati cara kerja sang pengasuh 
  7. Perhatikan tingkah laku anak anda jika anak anda lebih rewel dari pada biasanya dan hal itu berlangsung terus menerus mungkin ada hal yang membuat anak anda tidak nyaman dengan pengasuh.
  8. perhatikan perkembangan sikecil jika mengalami kemunduran mungkin saja ada yang salah dengan pengasuh anda.
Sikecil akan lebih aman bersama keluarganya jika memang harus menggunakan jasa pengasuh maka pilihlah pengasuh yang tepat.