Jumat, 13 Juli 2012

MEMBUAT BUBUR BAYI SEHAT DARI UBI UNGU

Bayi anda sudah saatnya makan?
Yu mari kita membuat bubur bayinya sendiri, ada banyak bahan makanan yang bisa diolah menjadi bubur bayi misalnya campuran tepung beras merah dan bahan makanan lainnya yang dihaluskan seperti wortel, brokoli, bayam, kacang merah atau bahkan tahu ( jangan lupa merebusnya terlebih dahulu agar matang dan mudah dihaluskan). Kita juga bisa membuatnya dari buah-buahan seperti pisang, pepaya, alpukat. Atau kita juga bisa membuatnya dari labu kuning, dan umbi-umbian salah satunya adalah ubi ungu.
Banyak sekali manfaat dari ubi ungu bunda yaitu berfungsi sebagai antioksidan karena dia dapat menyerap racun, polusi udara, oksidasi dalam tubuh dan menghambat pengumpulan sel-sel darah.
Ubi ungu juga mengandung serat pangan alami yang tinggi, prebiotik,kadar glycemic index rendah,dan oligosakarida. Manfaat lain dari ubi ungu ini adalah sumber karbohidrat dan sumber kalori yang cukup tinggi. Vitamin yang terkandung dalam ubi ungu ini antara lain vitamin A,Vitamin C,Vitamin B1 dan riboflavin.
Ubi ungu juga berfungsi sebagai antikanker, karena dia mengandung zat aktif yang bernama selenium dan iodin dan 20 kali lebih tinggi dari jenis ubi lainnya. selain itu juga ubi ungu bisa berfungsi sebagai anti bakteri,perlindungan terhadap kerusakan hati penyakit jantung dan stroke, dia juga baik untuk mendorong kelancaran peredaran darah.
Banyak sekali yaa manfaatnya, cara membuat bubur bayi sehat dari ubi ungu juga sangat mudah, bunda tinggal menyiapkan ubi ungu yang telah dicuci bersih , kemudian dipotong kecil dan dikukus atau direbus agar mudah menghaluskannya, setelah hancur bunda bisa menambahkannya dengan ASI atau susu formula, atau juga bisa dicampur dengan madu.
Bubur ini selain rasanya enak warnanya juga sangat cantik. Namun alangkah baiknya dicoba dulu sebelum diberikan pada bayi karena ada sebagian ubi yang rasanya pahit.