Sabtu, 14 Juli 2012

Kembar tidak selalu sama

Queen Sahqira & queen Shafina 
Anak kembar identik dengan sama, mirip, duplikat,serupa, copy paste dan masih banyak lagi kata-kata yang menggambarkan kembar. Tapi sebetulnya jika kita amati lebih dalam kembar tidak selalu sama dilihat dari kepribadian mereka belum tentu mempunyai kepribadian yang sama misalnya kembar satu memiliki kepribadian yang kalem/santai, sedangkan kembar dua memiliki kepribadian yang ceria. Ada juga sepasang kembar yang memiliki warbna kulit yang berbeda atau bahkan wajah yang berbeda biasanya hal ini dimana kembar tak identik  karena berasal dari dua telur yang berbeda.
Sebenarnya membiasakan kembar untuk selalu sama adalah bukan hal yang baik karena hal itu dapat menyebabkan sikembar tidak mandiri dan kesulitan berkembang pada masa yang akan datang. Ketika mereka harus selalu sama yang dikhawatirkan adalah mereka akan saling bergantung satu sama lain.
Salah satu cara membedakan keduanya adalah dimulai dengan tidak selalu memebelikan baju yang sama, mainan yang sama, makanan yang sama, ini akan mendorong mereka menjadi individu masing-masing yang tidak bergantung satu sama lain.
Biarkan mereka bermain dengan orang-orang dilingkungan sekitarnya selain kembarannya
Dukung mereka untuk melakukan hal-hal yang disukainya dan tidak harus selalu sama dengan kembarannya.
kurangi meyebut mereka dengan sebutan sikembar biasakan untuk memnggilnya dengan sebutan nama masing-masing.
Dorong mereka untuk mempunyai cita-cita sendiri berdasarkan hal-hal yang disukainya.
Janganlah membuat harapan yang sama pada sikembar karena walau bagaimanapun mereka adalah individu yang berbeda.
Cara-cara tersebut sedikit banyak dapat mendorong mereka untuk tidak selalu bergantung dengan kembarannnya , meskipun kita tidak pernah bisa melepaskan ikatan perasaan diantara mereka.