Sabtu, 04 Agustus 2012

KIAT TETAP SEHAT WALAU MENYANTAP GORENGAN

Gorengan merupakan cemilan yang hampir semua orang suka, dari mulai anak-anak sampai orang tua menyukai gorengan untuk dijadikan makanan selingan atau teman nasi. Namun gorengan merupakan salah satu makanan yang kurang sehat karena mengandung minyak, terutama jika gorengan itu digoreng dengan minyak yang tidak sehat, karena bahaya kanker mengancam tubuh kita. 
http://lichtirsan.multiply.com
Jika anda salah satu pencinta kuliner yang satu ini, ada beberapa cara agar gorengan tidak membahayakan tubuh karena sebetulnya tubuhpun membutuhkan minyak untuk metabolisme, hanya saja jumlahnya tidak berlebih. 

Berikut beberapa cara agar gorengan menjadi aman saat dikonsumsi. 

1. Menggoreng sendiri makanan sangat dianjurkan. Karena dengan begitu kita selalu menggunakan minyak baru. Minyak yang baru bakal bebas dari akrilamida yang sifatnya memicu kanker.
2. Angkatlah gorengan tepat saat sudah matang karena suhu minyak bisa kita atur agar tidak terlalu panas. Makin panas suhu minyak, makin banyak akrilamida yang terbentuk. Selain itu, minyak goreng yang dipanaskan terlalu tinggi bisa menghasilkan zat radikal bebas dan memicu terjadinya kanker.
3. Jangan gunakan minyak yang sudah berubah warna misalnya lebih gelap, keluar asap dari penggorengan, baunya tengik atau menyengat, cairannya lebih kental, serta jika dimakan menyebabkan tenggorokan gatal.
4. Pemakaian minyak goreng bekas pakai (minyak jelantah) bisa lebih mudah berasap dan menghitam meskipun suhunya belum terlalu panas. Jadi bayangkan minyak yang digunakan oleh para penjual gorengan yang sudah digunakan berkali?kali, sangatlah tidak sehat!
5. Jangan lupa menempelkan sisa- sisa minyak ke kertas tisu terlebih dahulu supaya minyak diserap sebelum gorengan dikonsumsi. Tentu saja jangan lupa memilih minyak goreng yang aman untuk digunakan.

Sebuah penelitian mengatakan ada sebagian minyak yang cukup bagus dipakai sebagai minyak goreng, sebagai ganti minyak yang kayak lemak trans. Yaitu minyak zaitun dan minyak dari bunga matahari. Beda halnya dengan minyak goreng umumnya, minyak dari bunga matahari justru mengandung omega-6 yang tinggi. Zat bisa berguna sebagai antidepresan.
Hanya saja menurut Drew Ramsey, seorang penulis, kedua minyak ini juga rentan berakibat menimbulkan lemak yang tidak baik jika dipakai dengan panas sangat tinggi.

Sumber : http://doktersehat.com
sidomi.com 
tribunnews.com