Sabtu, 04 Agustus 2012

TIPS AGAR ANAK MENCINTAI RAMADHAN

Puasa memang wajib bagi muslim yang sudah baligh, namun sangat disarankan jika puasa diajarkan sejak usia dini. Mengajarkan hikmah puasa dibulan ramadhan, manfaat puasa dibulan ramadhan dan indahnya ramadahan saat mereka masih anak-anak memang cara yang paling tepat agar mereka terbiasa mencintai ramadhan sampai dewasa nanti.Jika anak-anak tidak kuat melaksanakan ibadah puasa sehari penuh mereka bisa memulainya dengan berpuasa setengah hari. 
Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan pada anak-anak agar mereka mencintai ramdahan dan ramadhan begitu berkesan untuk anak-anak  
Google
  • Sahur bareng
    Coba bangunkan si kecil ketika tiba waktu bersantap sahur, dan ajak dia membaca niat untuk berpuasa seperti anggota keluarga lainnya. Mulanya, anak mungkin akan sulit dibangunkan bahkan merengek. Tapi, lambat laun dia akan terbiasa. Jangan lupa sajikan menu favorit anak-anak agar mereka tambah semangat ikut sahur. 
  • Buka bersama
    Biasanya saat ini adalah saat yang ditunggu-tunggu, Ajak anak untuk duduk bersama seluruh anggota keluarga lain saat berbuka puasa, meski pun dia tidak berpuasa atau telah berbuka lebih dulu pada siang hari. Sajikan hidangan favoritnya di atas meja, dan biarkan anak belajar bagaimana anggota keluarga lain berbuka tepat pada saat bedug magrib berbunyi dan adzan berkumandang.
  • Ajak mereka untuk sholat maghrib berjamaah selain hal ini dapat membiasakan mereka sholat hal ini juga dapat mempererat tali silaturahmi keluarga.
  • Ajak anak melaksanakan sholat taraweh secara berjamaah selama bulan Ramadan, baik di masjid atau pun di rumah, agar mereka terbiasa melaksanakannya sejak usia dini. Jika lelah, anak bisa duduk di bagian belakang shaf. Tapi, pastikan Anda telah memperingatkannya agar tidak gaduh dan berbuat onar.
  • Bulan ramadhan adalah bulan yang mulia untuk bersedekah , ajak juga mereka untuk berbagi pada sesama misalnya dengan cara mengajak mereka menyisihkan sebagian uang jajan untuk fakir miskin, atau menyiapkan hidangan berbuka yang dimasukan dalam kotak untuk dibagikan pada fakir miskin yang kurang berutung.
  • Ajak juga mereka untuk bersama-sama menyiapkan hidangan berbuka didapur
  • Luangkan waktu untuk tadarus bersama keluarga 
  • Jika dilingkungan sekitar diadakan pesantren kilat tidak ada salahnya untuk menyarankan anak-anak untuk bergabung.
Jadikanlah bulan ramadhan sebagai bulan yang berkesan bagi mereka agar mereka selalu merindukan ramadhan. 


sumber : http://www.metrojambi.com