Jumat, 03 Agustus 2012

TIPS MENGELOLA KEUANGAN KELUARGA

Awal bulan menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi hampir kebanyakan orang alasannya karena "Gajian". Setelah satu bulan bekerja tibalah saat menerima imbalan atas pekerjaan yang sudah dilakukan namun jika pengelolaan uang gajian tidak tepat bisa jadi saat pertengahan bulan uang gajian sudah ludes. Akhirnya harus pinjam sana sini. Menurut Ligwina Hananto salah satu ahli perencanaan keuangan seringkali masalahnya bukan terletak pada penghasilan yang kurang tapi kebiasaan yang salah dalam mengelola keuangan. 
Berikut beberapa tips yang dapat membantu anda dalam mengelola keuangan keluarga :

google

1.    Pahami portfolio keuangan keluarga Anda.catat setiap tagihan yang harus anda bayar, seperti tagihan listrik, tagihan kredit rumah, tagihan kredit kendaraan, tagihan telepon, dan sejumlah tagihan lainnya yang harus anda bayar setiap bulannya.
2.    Susun rencana keuangan atau anggaran. Rencanakan setiap pengeluaran dan anggaran.
3.    Pikirkan lebih seksama pengertian antara “butuh” dan “ingin”.  Buatlah daftar berupa tabel yang terdiri dari kolom untuk item belanja, kebutuhan dan keinginan. Setelah mengisi kolom item belanja, isilah kolom “kebutuhan” dan “keinginan” dengan tanda cek (V). Dari sini pertimbangkan dengan lebih matang, benda atau hal yang perlu Anda beli/penuhi atau tidak.
4.    Hindari hutang. Godaan untuk hidup konsumtif semakin besar. Tapi bukan berarti dengan mudah Anda membeli berbagai benda secara kredit. Tumbuhkan kebiasaan keuangan yang sehat dimulai dari yang sederhana, seperti tak memiliki hutang konsumtif.
5.    Meminimalkan belanja konsumtif. Buatlah jadwal belanja dan jadwal berkumpul bersama teman.Hal ini dilakukan untuk meminimalisir belanja konsumtif
6.    Tetapkan tujuan atau cita-cita finansial. Susun target keuangan yang ingin Anda raih secara berkala, bersama pasangan. Tetapkan tujuan spesifik, realistis, terukur dan dalam kurun waktu tertentu. Tujuan ini membantu Anda lebih fokus merancang keuangan.
7.    Menabung, menabung, menabung. Ubah kebiasaan dan pola pikir. Segera setelah menerima gaji, sisihkan untuk tabungan dalam jumlah yang telah Anda rencanakan sesuai tujuan atau cita-cita finansial keluarga Anda. Sebaiknya, Anda memiliki rekening terpisah untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari.
8.    Berinvestasilah! Tentu Anda tak akan puas dengan hanya menunggu tabungan membumbung. Padahal cita-cita Anda untuk keluarga “selangit”. Inilah saat yang tepat untuk juga memikirkan investasi. Kini bentuknya macam-macam. Takut akan risiko investasi?! Tak perlu khawatir, Anda hanya perlu belajar pada ahlinya. Konsultasikan keuangan Anda dengan ahli keuangan yang handal! 
 
sumber : http://www.ayahbunda.co.id