Rabu, 01 Agustus 2012

TIPS MENYEDIAKAN HIDANGAN SAHUR

" Hari ini sahur tapi ko lemes banget yaaa " ..
Pernah mengeluh hal yang sama, mungkin karena anda salah dalam menyantap hidangan sahur. Makan sahur merupakan sumber energi untuk melaksanakan ibadah puasa, oleh karena itu makanlah makanan yang tepat saat sahur. 
Berikut Tips dalam menyediakan hidangan sahur : 
Google 
  1. Makanlah makanan yang mengandung serat yang tinggi, makanan yang dihidangkan saat sahur sebaiknya makanan yang mengandung serat khususnya serat hewani, karena serat dari pangan hewani membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga perut dapat ,merasakan kenyang lebih lama. contoh : daging sapi, daging ayam dan daging kambing.
  2. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang membuat perut kembung. seperti kol atau caisin.
  3. Perbanyak air, saat puasa tubuh tetap membutuhkan banyak air untuk menedarkan sari-sari makanan dan untuk menjaga suhu tubuh.
  4. Niat puasa, Hal ini bukan hanya sekedar rukun puasa, dari segi kesehatan dengan berniat maka hormon yang mengontrol jumlah keluarnya asam lambung ( yang biasanya berfungsi dalam proses pencernaan) dapat mengurangi jumlah produksinya. Hal ini menyebabkan kita terlalu lapar pada saat berpuasa dibandingkan saat hari-hari biasanya.

Sumber : Tipsmidi