Kamis, 09 Agustus 2012

TIPS SEHAT SAAT MUDIK

Mudik memang melelahkan, baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umun. Tak jarang terjadi kecelakaan akibat kelelahan. Oleh karena itu sebagai pemudik harus benar-benar menjaga kondisi tubuh agar tidak kelelahan. Tidak mau kan sakit saat mudik???? berikut beberapa tips sehat saat mudik:  

  1. Setiap anggota yang ingin mudik, pertama-tama mereka harus beristirahat dengan cukup terlebih dahulu sebelum melakukan mudik.
  2. Perbanyak minum air putih selama perjalanan.
  3. Hindari mengkonsumsi minuman bersoda atau teh maupun kopi. Jenis minuman ini membuat kita sulit tidur sehingga tak bisa beristirahat dengan cukup.
  4. Kenakan pakaian yang nyaman namun tetap apik selama perjalanan.
  5. Khusus bagi wanita, hindari penggunaan kosmetik yang berlebihan agar kadar air pada wajah tetap terjaga.
  6. Jangan terlalu banyak ngemil snack ringan, jika pun ingin ngemil, gantilah dengan buah-buah segar yang banyak mengandung air.
  7. Bagi Anda yang memegang kemudi, jangan memaksakan diri. Beristirahatlah jika tubuh mulai lelah apalagi jika Anda merupakan satu-satunya yang bisa mengendarai kendaraan tersebut.
  8. Selama dalam perjalanan, jangan segan memanfaatkan tempat istirahat untuk bisa melakukan olahraga kecil dan meluruskan badan, meskipun hanya selama lima menit saja. Gunakan juga untuk buang air kecil.
  9. Jangan membeli makanan dan minuman di pinggir jalan karena belum tentu terjaga akibat selalu terpapar panas matahari.
  10. Bagi pemudik yang membawa bayi dan anak di bawah usia lima tahun, siapkan dengan teliti semua benda-benda yang mereka butuhkan seperti susu, mainan khusus yang selalu dicari, dan lain sebagainya.
  11. Bagi yang bisa muntah saat berkendara, minumlah obat anti muntah sebelum perjalanan dimulai. Obat ini dapat bekerja selama delapan jam.
  12. Bagi yang memiliki penyakit maag, sebaiknya mengkonsums obat maag yang berjenis penekan asam lambung seperti ranitidine, famotidine, dan lain-lain. Umumnya obat ini bekerja selama 12-24 jam.

Semoga tips diatas dapat membantu anda agar selalu sehat mudik. 



sumber : http://www.jawaban.com