Rabu, 08 Agustus 2012

TIPS PERSIAPAN LEBARAN MENJELANG MUDIK


Lebaran segera tiba, Rangkaian persiapan lebaran tentunya sudah mulai dipersiapkan termasuk persiapan mudik lebaran. Bagi anda yang selalu melakukan tradisi ini, tentunya hal ini menjadi hal yang dinanti-nanti karena inilah waktunya anda bertemu dengan keluarga. Jangan sampai waktu istimewa anda itu dilalui dengan hal-hal yang membuat anda tidak nyaman misalnya sakit atau ada beberapa barang yang tertinggal saat mudik. Berikut beberapa hal yang anda sebaiknya anda persiapkan saat akan melakukan mudik lebaran : 
 -    Kondisi Tubuh
default.tabloidnova.com
Jika perjalanan yang ditempuh sangat jauh, sebaiknya sebelum melalukan perjalanan jauh ada baiknya tidur yang cukup dan juga mengonsumsi makanan bergizi yang cukup. Pun jika merasa lelah atau mengantuk di perjalanan, sebaiknya berhenti di tempat yang aman dan beristirahat. 

-    Alat transportasi.
Buat yang punya kendaraan sendiri atau pinjam, yang terpenting jangan lupa memeriksa kondisi kendaraan secara menyeluruh. Bisa di bawa ke bengkel atau periksa sendiri
JIka kendaraan sudah siap, jangan lupa juga untuk mempersiapkan surat-surat penting seperti KTP, SIM, STNKdan yang lainnya.
-    Keuangan
Jangan uang anda tertinggal saat mudik karena ii akan sangat merepotkan. Tapi sebaiknya jangan membawa uang terlalu banyak atau juga terlalu sedikit. Awas bahaya copet, terlebih jika pemudik menggunakan transportasi umum atau berada di keramaian.

-    Pakaian Dan Barang
Jangan lupa untuk membawa baju seperlunya saja sesuai kebutuhan, untuk keperluan apa aja dan berapa lama anda akan tinggal. Jika anda membawa barang, bawa saja secukupnya. 

-    Peralatan Gadget dan perlengkapannya
Jangan lupa membawa hape dan charger jika ingin menggunakan alat komunikasi satu ini. Juga laptop jika perlu. Atau jika ingin mengabadikan event-event saat Lebaran, jangan lupa juga membawa kamera atau kamera digital lengkap dengan alat bantu lainnya, seperti misal kabel data. 
-    Amankan rumah dan isi rumah anda.
Jika di rumah masih ada orang yang tinggal, gak masalah. Tapi kalau rumah ditinggal dalam keadaan kosong sebaiknya sebelum berangkat mudik, pastikan semua pintu dan jendela tertutup rapat dan terkunci.
Pastikan kompor tidak dalam keadaan menyala.
Jangan lupa juga check dan pastikan semua peralatan elektronik dalam keadaan off atau mati dan kabel tidak menancap di stop kontak. ( baca juga :  Tips-aman-meninggalkan-rumah-saat-mudik ) 

-    Peliharaan
Jika anda memiliki hewan peliharaan, pastikan selama ditinggal mudik, mereka bisa tetap terawat. Atau jika perlu, bisa dititipkan saja ke tempat penitipan hewan. 


sumber :  http://www.kagakribet.com