Jumat, 10 Agustus 2012

TIPS MEMBUAT KETUPAT LEBARAN

Ketupat memang merupakan hidangan khas lebaran terutama indonesia. Tidak lengkap rasanya berlebaran tanpa ketupat. Biasanya ketupat disajikan bersama opor ayam  dan rendang serta makanan khas lainnya yang biasanya berbeda disetiap daerah diindonesia. Membuat ketupat lebaran itu sendiri memang susah-susah gampang kadang ketupat terlalu lembek atau ketupat terlalu keras. Perlu teknik tersendiri dalam membuat ketupat. Berikut sedikit tips membuat ketupat lebaran agar legit dan pulen.

hawaiidermatology.com
Menyiapkan Bahan Beras Ketupat Lebaran
  • Beras sebagai bahan utama ketupat perlu sekali mendapat perhatian. Gunakanlah beras dengan kualitas bagus dan menghasilkan nasi yang pulen. Rendam beras selama beberapa menit, setelah itu cuci beras sampai bersih dengan menggunakan air yang di campur kapur sirih. Fungsi kapur sirih ini adalah untuk membuat ketupat lebih kenyal. Jika sudah, taburi sedikit garam pada beras dan aduk rata. Garam disini hanya sekedar memberi sedikit rasa gurih saja pada ketupat, dan tidak menimbulkan rasa asin pada ketupatnya nanti. Masukkan beras ke dalam cangkang ketupat hingga 3/4 penuh. Sisa ruang pada ketupat untuk memberi tempat saat beras mengembang dan memadat di dalam cangkang ketupat.
Merebus Ketupat Lebaran
  • Didihkan air untuk merebus ketupat. Pastikan ukuran airnya akan bisa merendam semua ketupat yang kamu buat. Setelah air mendidih, baru masukkan ketupat yang sudah kita buat ke dalam air mendidih tersebut. Jika dirasa ketupat belum matang, sedangkan air rebusan menyusut, maka sesekali tambahkan air mendidih lagi pada rebusan. Ingat, air mendidih dan bukan air dingin yang dicampur pada air mendidih untuk merebus ketupat.
Mengangkat Rebusan Ketupat Lebaran
  • Jika dirasa ketupat yang kita rebus sudah matang dan sesuai dengan harapan kita, angkat ketupat dari dalam panci rebusan dan langsung di cuci dengan air mengalir atau dibawah kran air. Pastikan kita mencuci bekas rebusan pada ketupat hingga bersih. Karena sisa-sisa air rebusan inilah yang biasanya membuat ketupat tidak bertahan lama dan cepat basi.Jika sudah gantung ketupat dan dinginkan. 


sumber : http://asliblogspot.blogspot.com