Senin, 06 Agustus 2012

TIPS MELAKSANAKAN SAHUR SAAT BERPERGIAN


Melaksankan ibadah puasa ramadhan bukan berarti kita harus berhenti dari rangkaian aktifitas sehari-hari. Jika anda bekerja, tidak seharusnya pada saat puasa ramadhan anda harus menghentikan pekerjaan anda sehingga tidak menutup kemungkian anda melaksanakan buka puasa atau sahur saat anda bekerja. Jika pekerjaan anda menuntut anda harus bepergian keluar kota maka anda melaksankan sahur tidak bersama keluarga merupakan hal yang harus dilakakukan. Jika anda tidak terbiasa dengan hal itu berikut beberapa tips sahur saat berpergian yang daat membantu anda mempermudah melaksanakan sahur 
reyoet.blogspot.com
1.jangan sampai telat bangun sahur
Melewatkan sahur adalah cara paling buruk terutama saat anda bekerja. Karena ini akan membuat anda meraskan lemas dan tidak konsentrasi terutama saat bekerja diluar kota.  Usahakan selalu menyempatkan waktu untuk makan sahur. Pasang alarm ponsel atau jam agar tidak kebablasan tidur.Buat beberapa alarm untuk jaga-jaga Anda tak bisa bangun dengan satu kali alarm. Taruh alarm di tempat yang cukup jauh dari tempat tidur sehingga Anda harus bangun dari tempat tidur saat ingin mematikan alarm. Pilih lagu yang berisik atau ramai agar Anda bisa bangun.
2. Pastikan ada restoran 24 jam
Agar tidak kewalahan saat ingin mencari makanan sahur, Anda bisa memastikan apakah ada restoran atau warung yang buka 24 jam. Jangan sampai Anda kehabisan waktu sahur dengan mencari makan dan malah melewatkan waktu sahur tanpa memakan apapun.Selain itu, pastikan juga restoran tersebut takkan penuh saat waktu sahur tiba. Anda tentu tak ingin mengantre lama-lama demi mendapat makanan. Semalam sebelumnya, tanyakan terlebih dahulu apakah restoran tersebut buka 24 jam.
3. Beli makanan sebelum sahur
Jika malas keluar kamar saat sahur, pesan makanan dari malam sebelumnya. Namun pastikan makanan yang Anda pesan takkan basi hingga sahur tiba. Pilih makanan yang kering dan kalaupun Anda ingin makanan berkuah, pisahkan sayur dengan lauk dan nasi. Anda juga bisa memesan makanan dari hotel. Tapi berilah jeda waktu untuk datangnya makanan. Jangan sampai makanan sampai kamar namun waktu sahur sudah terlanjur habis. 
4. Minum air putih yang cukup
Agar Anda tak kehabisan cairan dalam tubuh, penuhi kebutuhan air tubuh saat sahur. Minum banyak air secara langsung akan membuat Anda kembung. Maka minumlah air putih sesaat Anda bangun tidur. Meski masih setengah sadar, minum air putih bisa memenuhi asupan cairan tubuh Anda. Jangan lupa untuk minum air putih di sela-sela makan dan setelah makan. Hindari minuman berwarna, yang memiliki kadar gula terlalu tinggi dan minuman bersoda. Minuman jenis tersebut bisa membuat Anda mudah haus.
5. Sahurlah dengan menu sehat
Pilihlah makanan yang banyak serat agar bisa lebih lama dicerna. Hindari makanan yang terlalu banyak minyak dan pedas. Makanan seperti itu bisa membuat perut tidak enak dan membuat Anda cepat haus. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan vitamin saat sahur. Buah sangat membantu kelancaran puasa Anda. Namun hindari buah yang terlalu asam karena bisa mengganggu pencernaan. Pilihlah buah yang memiliki banyak serat atau yang mengandung banyak air seperti semangka, apel, melon dan pir.
Sumber : http://blog.therabuana.com