Jumat, 20 Juli 2012

Jenis permainan yang dapat menunjang perkembangan otak awal pada bayi

momnbabyhealthy(dot)wordpress(dot)com

Bermain bersama bayi tentunya menggemaskan. Apalagi ketika melihat bayi itu tertawa bermain bersama kita. Bermain bersama bayi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan koneksi otak bayi yang nantinya akan mengembangkan potensi bagi pembelajaran selanjutnya.  Sebenarnya ada beberapa jenis permaianan yang dapat menunjang perkembangan otak awal pada bayi. Berikut jenis-jenis permainan tersebut :

  1. Permainan bagi bayi baru lahir, salah satunya adalah dengan cara menggndongnya dan memeluknya sambil diayunkan kedepan dan kebelakang, sewaktu menimang ucapkanlah gendong, peluk, aku sayang kamu, ketika mengucapkan kamu ciumlah bagian tubuhnya misalnya kening atau hidung permainan ini dapat membangun ikatan antara kita dengan sikecil. Sebuah riset menunjukan bahwa semakin sering dipeluk dicium dibuai dan digendong semakin dia merasa aman dan mandiri apabila tumbuh dewasa nantinya.
  2. Permainan bagi bayi usia 3 bulan sampai 6 bulan. Bermain dengan kaki bayi caranya coba baringkan bayi pada permukaan yang agak keras misalnya diatas karpet lantai. Pegang kakinya tekuk dan luruskan sambil didendangkan sebuah lagu ( catatan : bila sikecil menolak segera hentikan gerakan jangan memaksakan gerakan apapun ). Sebuah riset menunjukan olahraga menguatkan otot-otot besar untuk menyiapkan bayi berjalan. Pada fase ini seringlah mengajak bayi anada berbicara , karena jumlah kata yang didengar seorang bayi setiap hari mempengaruhi kecerdasan dimasa depan , kebaikan sosial, dan prestasi belajarnya. 
  3. Permainan bagi bayi 6 bulan hingga 9 bulan, Anda bisa mengajak sikecil bermain dengan menggunakan mainan yang bisa disetel untuk mengeluarkan bunyi, putar mainan itu kemudian katankan padanya "dari mana bunyi itu yaaa? " bila bayi menoleh ke sumber suara pujilah dengan tulus, ulangi permainan ini ditempat yang berbeda atau anda dapat menyembunyikan mainan ini misalnya dibawah bantal dan biarkan dia mencari sumber suaranya. Riset menunjukan pengalaman musikal dapat menunjang kemampuan masa depan untuk berpikir secara abstrak terutama dalam hal yang berkaitan dengan ruang.
  4. Permainan bagi bayi 9 hingga 12 bulan, Ajaklah bayi anda untuk bermain dengan album foto, duduklah dengan sikecil sambil memperlihatkan foto yang ada pada album, bicarakan tentang foto itu dengan menyebut nama orang didalamnya. ucapkan nama itu lagi kemudian mintalah sikecil untuk menunjuk orang yang dimaksud. Sekarang tutup foto itu dengan tangan dan mintalah sikecil untuk menemukan orang itu. Lanjutkan permainan dengan foto yang lainnya. Riset menunjukan hubungan yang hangat dan penuh kasih sayang dengan bayi dapat menguatkan sistem biologis yang akan membantunya mengatasi emosi.  
Sumber : Brain games for babies ( Jackie Silberg )