Kamis, 19 Juli 2012

MENGENAL BAKAT DAN POTENSI ANAK

http://ayahbundacerdas.com
Anak anda suka menggambar? dan hasilnya lebih baik dari pada anak seusianya ? Mungkin anak anda mempunyai bakat menggambar.
Berbicara soal bakat kadang kita sebagai orang tua kurang mengetahui bakat sikecil. Alangkah baiknya kita tahu  bakat mereka sejak usia dini agar kita dapat mengarahkannya, sehingga anak dapat menggali potensi dan bakat yang dia miliki. Banyak orang-orang sukses yang lahir karena bakatnya. Saat ini tidak lagi hanya kemampuan akademis yang menjadi acuan seseorang dianggap cerdas atau tidak., banyak orang-orang sukses yang lahir dari kemampuan non akademisnya seperti atlet, designer, penyanyi dan masih banyak lagi orang yang bisa berhasil karena bakatnya. Namun bagaimana cara kita dapat mengenali bakat sikecil , berikut sedikit tips mengenali bakat dan potensi sikecil,

  • Jika orang tua atau saudara memiliki bakat ada kemungkinan bakat yang dimilki orang tua dan saudara itu akan menurun pada anak-anak anda.
  • Jika anak anda termasuk anak yang mudah terharu,mudah tersinggung, mudah menangis atau bahkan mudah terbangun dari tidurnya karena suara yang biasa saja merupakan ciri-ciri awal anak berbakat.
  • Memiliki skor test IQ diatas skor 125. Jika ingin mengetahui mengenai bakatnya harus dilakukan test yang terpisah.
  • Jika anak anda termasuk anak yang suka memberi perhatian, sangat jeli , sangat teliti dalam taraf yang berlebihan , punya rasa ingin tahu yang besar, memiliki ingatan yang tajam, Focus dalam waktu yang cukup lama, mudah dalam mempelajari sesuatu mungkin anak anda termasuk anak yang berbakat.
  • Memiliki kosa kata yang banyak dibandingkan usia sebayanya. Kritis dalam menanggapi sesuatu ( suka bertanya ) 
  • Secara sosial, anak yang berbakat memiliki pemikiran yang tak lazim/ tertarik pada sesuatu yang tidak biasa dibandingkan sebayanya misalnya bertanya apakah itu kematian, kemana orang-orang setelah mati 
  • Mudah terprovokasi untuk melakukan kegiatan luar ruangan, memiliki energi yang cukup besar, tidak mudah lelah dan mudah dekat orang-orang dewasa 
  • Anak berbakat biasanya memiliki selera humor yang tinggi,
  • Bisa berpikir abstrak dan bisa memahami kerangka waktu dimasa lampau misalnya "waktu ayah masih kecil ... " 
  • Dia bisa menggambar dengan pola yang tidak biasa dan membangun sesuatu yang kompleks
Anak cerdas dan berbakat perlu diarahkan dan dididik dengan baik untuk menghindari jika dia sudah besar kelak dia tidak menjadi kriminal yang cerdas dan berbakat.



sumber: okezone.com