Kamis, 19 Juli 2012

Manfaat musik bagi anak

Musik merupakan bagian dari hidup manusia, setiap orang pasti memiliki musik favorit. Dan tahukah anda ternyata musik sangat bermanfaat untuk perkembangan anak?
Ada baiknya musik tidak hanya diperdengarkan selama anak ada dalam kandungan, selama anak itu tumbuh dan berkembang berikan dia stimulasi musik. Karena musik sangat baik untuk kecerdasan dan kesehatannya.
Berdasarkan penelitian, sejumlah ahli menyebutkan bukti-bukti tentang manfaat anak mendengarkan musik.
http://musik-gendeng.blogspot.com

  1. Musik bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi, menurut beberapa ahli musik dapat meningkatkan keterampilan berbahasa sekaligus anak akan cepat menambah kosa katanya.
  2. Bayi yang sering mendengarkan musik memiliki percernaan yang baik, hal ini dikarenakan musik dapat manjadikan tubuh lebih rileks sehingga efesiensi ketabolismenya meningkat dan anak akan mengalami peningkatan berat badan.
  3. Musik bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan motorik, sebab irama musik dapat menstimulus bayi untuk senang begerak. 
  4. Menurut hasil penelitian psikolog Fran Rauscher dan Gordon Shaw dari University of California-Irvine, Amerika Serikat, ada kaitan erat antara kemahiran bermusik dengan penguasaan level matematika yang tinggi. Juga keterampilan di bidang sains, ketika kelak anak sudah bersekolah. Musik juga mampu meningkatkan inteligensi spasialnya (kecerdasan ruang) sebanyak 46 persen dibanding anak-anak yang tidak terekspos musik.
  5. Membangkitkan rasa nyaman, jika kita memperdengarkan musik menjelang anak tidur, anak akan mersa lebih nyaman dan tenang 
  6. meningkatkan daya ingat, Pernahkan anda tiba-tiba teringat dengan masa lampau saat mendengarkan suatu musik, itu salah satu manfaat dari musik meningkatkan daya ingat
  7. Sebagai efek hipnotik, musik memiliki efek hipnotik contohnya jika seorang anak atau orang dewasa mendengarkan musik mereka cendenrung mehentakan kaki atau tangan 
  8. Musik juga berfungsi untuk menghibur, jika seorang anak atau orang dewasa mendengarkan musik yang disukainya mereka pastinya akan merasa terhibur diwaktu suka ataupun duka.
Marilah kita ciptakan suasana yang menyenangkan salah satunya dengan cara mendengarkan musik bersama-sama.

kompas.com