Sabtu, 21 Juli 2012

ARTI DARI TANGISAN BAYI

Menangis merupakan cara bayi untuk mengkomunikasikan apa yang dirasakannya. Jika dia menangis, maka tangisan tersebut mengandung arti tersendiri. Kadang sebagai orang tua kita belum bisa mengenali arti dari suara tangisan tersebut. Sebenarnya tangisan bayi itu berbeda-beda, ada tangisan ketika dia merasakan lapar ada pula tangisan ketika dia merasakan sakit, agar tidak bingung maka mari kita kenali suara tangisan bayi dan pemicunya .
  1. Rasa nyeri, bayi akan menagis jika dia merasakan nyeri tandanya adalah melakukan kekerasan seperti mencakar, mencubit atau menjambak, rengekan bernada tinggi, jeritan pendek dan keras,  memejamkan mata, kulit memerah, demam, dan terkadang pucat. Jika bayi anda mengalaminya maka jangan abaikan kondisi tersebut periksalah bagian tubuhnya apakah ada bagian yang terluka dan periksa pula suhu tubuhnya, perhatikan pula pernafasannya.
  2. Tidak nyaman, tandanya bayi akan rewel, ada desahan, bingung , ragu-ragu, suara berulang, ada peningkatan dan intensitas volume. Si kecil juga tak mau diam, kulit memerah atau menjadi dingin. Coba anda periksa popoknya bajunya dan pastinya semuanya nyaman untuk bayi anda
  3. Lapar, ketika bayi anda lapar tandanya ada rengekan pendek dan terdengar seperti sirine. Ia juga menangis dengan bunyi seperti 'nyah-nyah' dengan intensitas dan volume tinggi.
    Maka segera berikan susu botol atau air susu ibu (ASI).
  4. Lelah , jika bayi anda lelah tandanya dia akan mengucapkan huruf 'A', mulut menganga dan meratap yang bisa datang secara bertahap. Ia pun akan sesekali menggosok-gosokkan mata. cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membiarkan anak berada di tempat tidur. Beberapa anak terutama bayi yang baru lahir akan merasa nyaman jika dibungkus kain menyerupai kehangatan rahim. Coba selimuti anak, dengan suasana kamar yang gelap dan musik yang lembut sehingga membuat mereka lebih cepat terlelap.
  5. Kolik,  kolik merupakan sakit perut parah yang terjadi pada bayi berusia kurang dari tiga bulan. Ia biasanya meneriakan huruf 'A', melolong, menangis tanpa henti, tidak dapat dihibur. Anggota badannya juga menegang dan mengepalkan tinju. cara mengatasinya adalah dengan cara memberikan minyak telon pada perut bayi atau  Anda bisa mencoba memasukan botol hangat yang sudah dibungkus handuk di bagian perutnya, atau dengan memandikannya air hangat. Cara itu akan sedikit mengurangi rasa sakit yang dia rasakan.
  6. Masalah pencernaan, tandanya bayi akan merintih, suara mengejan, menangis panik, kaki ditarik ke atas, sering menggapai-gapai.
    atau mungkin bayi anda ingin bersendawa, atau bahkan mengalami sakit perut parah dan ingin buang gas. Cobalah membuat bayi bersendawa dengan mengangkatnya menggunakan kaki dengan posisi lutut Anda berada di perut bayi Anda atau dengan meletakkan bahu Anda di perut bayi. Jika masalah ini sering terjadi, periksa pola makannya.
  7. google
  8. Mimpi buruk malam hari tandanya bayi akan Menjerit tiba-tiba, terkadang memanggil orang tua. Mata terbuka, tetapi si kecil tidak mengenali dan bahkan akan melawan Anda. Tidak dapat dihibur dan berlangsung selama 10 hingga 45 menit. Biasanya terjadi dalam waktu satu jam tidur, anak pun akan kembali tidur normal setelahnya. Pastikan anak Anda tidur di tempat yang nyaman dan aman. Biarkan dia menangis hingga mimpinya berakhir. Berikan pelukan dan ciuman agar bayi merasa terlindungi.








sumber : Vivalife