Minggu, 22 Juli 2012

TIPS MEMBANGUNKAN ANAK UNTUK SAHUR

Puasa memang wajib hukumnya bagi muslim yang sudah baligh, namun ada baiknya kita mengajarkan puasa sejak dini. Memang tidak mudah untuk mengajak anak ikut berpuasa, butuh trik khusus agar mereka tertarik untuk ikut berpuasa. Namun salah satu yang sulit dilakukan adalah membangunkan mereka untuk ikut sahur, padahal sahur merupakan sumber enrgi bagi mereka agar mereka tidak mudah lelah. Cobalah beberapa cara berikut ini agar mereka mudah dibangunkan

Google

  1. Siapkan menu special kesukaan anak-anak, biasanya jika dia mendengar menu kesukaannya mereka akan semangat untuk makan sahur. Jangan lupa untuk menyebutkan menu sahur menjelang tidur yaa.
  2. Ajak mereka untuk tidur lebih awal, ini akan membantu mereka untuk lebih siap dan tidak terlalu mengantuk saat sahur.
  3. Siapkan alarm dikamarnya, simpan alarm ditempat yang sulit dijangkau anak-anak, agar mereka tidak mudah untuk mematikannya lagi. Jika anak masih belum bangun barulah anda yang membangunkannya.
  4. Buatlah anak merasa nyaman setelah anak bangun maka ajaklah mereka untuk cuci muka terlebih dahulu agar mereka segar saat sahur. 
  5. Sahur bersama-sama, dan ciptakan suasana yang menyenangkan, sebelum anggota keluarga lengkap sebaiknya makan sahur jangan dulu dimulai, makan bersama merupakan cara yang baik untuk menambah gairah makan.
  6. Siapkan makanan terlebih dahulu sebelum membangunkan anak agar saat anak bangun makanan sudah siap dimeja
  7. Beri mereka dukungan untuk dapat melaksanakan sahur dan berpuasa.

sumber: ciricara.com