Rabu, 25 Juli 2012

MEMBIASAKAN ANAK TIDAK JAJAN

Suatu hari aku dan teman-teman semasa SMA berkumpul di suatu tempat. rencananya sih reunian. banyak sekali diantara mereka yang membicarakan tentang kebiasaan anaknya yang sering jajan, ada anak yang doyan sekali bolak balik ke warung untuk jajan atau anak yang suka jajan disekolahnya, sempat sharing juga sih dengan mereka dan membahas soal ini, bagaimana cara mengatasinya, apa tips nya, karena jajanan kan tidak semua sehat, dan juga tidak semua bersih. Bahkan ada beberapa oknum yang menambahkan zat-zat berbahaya terhadap jajanan anak-anak. Tentu saja kondisi ini sangat memprihatinkan. Apalagi jika anak sudah memasuki usia sekolah banyak sekali " tukang jajanan" yang berkumpul disekolah dan tidak jarang "menggoda" mereka untuk jajan. Ada sedikitt cara yang dapat mengurangi anak untuk jajan, atau setidaknya dapat mengurangi sedikit demii sedikit kebiasaan jajan mereka .

nationalgeographic.co.id

  • Mebiasakan sarapan, sebelum pergi sekolah sebaiknya ibu menyiapkan sarapan terlebih dahulu untuk anak dan biasakan untuk sarapan setiap hari agar ketika perutnya kenyang si anak tidak tertarik untuk jajan
  • Biasakan untuk membuatkan bekal untuk sikecil. Buat semenarik mungkin agar disekolah dia juga tertarik untuk makan makanan bekal, dan beri pengertian pada mereka bahwa jajanan itu tidak semua sehat.
  • Beri pengertian tentang bahaya jajanan, coba perlihatkan acara televisi yang membahas tentang ini kemudian dampingi mereka sambil berikan penjelasan tentang bahaya jajan sembarangan, diharapkan hal ini dapat mengurangi keinginan anak untuk jajan.
  • Berikan contoh, mereka ingin jajan karena melihat kebiasaan orang-orang disekitarnya. Tidak adil rasanya jika kita menjelasankan tentang bahaya jajan sembarangan semetara kita pun jajan sembarangan.
  • Membiasakan menabung, ceritakan tentang keuntungan menabung, berikan apa yang mereka suka dari hasil menanbung, selain dapat menekan keinginan mereka  untuk jajan karena uang jajannya ditabung mereka pun akan menghargai barang pilihan mereka sendiri karena dibeli dari uang tabungan mereka. 
  • Buatkan mereka selalu cemilan sehat yang lebih sehat dirumah seperti buah-buahan sehat, atau makanan olahan yang terbuat dari makanan kesukaannya. 

Tidak mudah menerapkan hal ini pada terutama jika rumah anda dekat dengan warung jajanan, dan teman-teman sebayanya juga jajan, jika sulit maka terapkan pelan-pelan pada anak, semoga dapat mengurangi anak untuk jajan.

sumber : duniaanakkita.blogspot.com