Selasa, 24 Juli 2012

HATI-HATI JIKA ANAK SULIT TIDUR

budayahidupsehat.wordpress.com
Sulit tidur pada anak memang menjadi salah satu permasalahan bagi orang tua, Menurut penelitian sulit tidur pada anak di indonesia usia 1-8 terjadi sekitar 25 %, dan usia 8-9 tahun terjadi sekitar 10 -20 %, tanda-tanda anak sulit tidur adalah kesulitan bangun pagi, sering tidur larut malam, emosional, impulsif, mudah rewel dan frustasi. Ini juga akan mempengaruhi kebisaanya saat dewasa nanti. Anak yang sulit tidur dikhawatirkan perkembangan otaknya tidak optimal sehingga mampu mempengaruhi intelektualitasnya. Selain itu akan menyebabkan kadar sel darah putihnya menurun dan daya tahan anak terhadap infeksi rendah. Anak yang sulit tidur pun akan mudah lelah sehingga akan rewel dan sering marah-marah.
Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak sulit tidur diantaranya adalah Yang pertama adalah faktor lingkungan, kebiasaan tidur malam orang -orang disekitarnya akan membuat anak meniru kebisaan itu, yang kedua adalah faktor penyakit biasanya anak penderita asma atau alergi  akan mengalami sulit tidur, Yang ketiga adalah kebiasaan menonton TV hingga larut, Yang keempat Ada rasa takut pada anak dan rasa tidak nyaman, yang kelima bagi sulit tidur biasanya dialami oleh anak penderita autis dan ADHD.
Bagi anda yang saat ini menagalami hal yang sama jangan khawatir karena ada beberapa kiat agar anak mudah tidur .

  • Berikan jadwal tidur yang teratur bagi anak 
  • Matikan TV saat jam tidur dimulai, jangan biarkan TV menyala hingga larut karena itu akan membuat anak tertarik untuk ikut berkumpul 
  • Jadikan suasana sebelum tidur menjadi suasana yang nyaman misalnya membacakan dongeng sebelum tidur, mematikan lampu jika anak suka, dan peluklah dia, hindari bersenda gurau menjelang tidur.
  • Jauhkan mainan dari tempat tidur anak anda agar anak tidak terangsang untuk bermain
  • Ciptakan suasana tenang dan nyaman.
Beberapa kiat diatas semoga dapat membantu agar anak anda tidak tidur terlalu larut. Mengajarkan kebisaan baik sejak dini merupakan bekal untuk masa depannya kelak.

Sumber : www.anneahira.com