Senin, 23 Juli 2012

Anak dan gadget

Setujukah anda jika anak-anak akrab dengan gadget?
Sebagaian orang tua menyetujui hal ini, karena gadget dapat membuat anak-anak jadi lebih kreatif, mudah berkomunikasi, Bahkan sebagian orang tua menjanjikan gadget sebagai hadiah misalnya hadiah naik kelas, hadiah lulus, bagi orang tua yang mampu tentulah ini tidak menjadi masalah. Namun apakah sudah benar penggunaannya?
Sebuah pengamatan sederhana yang dilakukan di sebuah SD mengatakan gadget dapat mempengaruhi prestasi anak dan mempengaruhi beberapa perkembangan anak. Hal ini dikarenakan jika seorang anak sudah kecanduan gadget mereka akan mulai merasa gelisah jika tidak memainkan gadget. Biasanya seorang anak dituntut untuk berkonsentrasi penuh dan tidak akan peduli dengan hal-hal yang ada disekitarnya.
republika.co.id
Agar gadget tidak menjadi masalah maka perhatikan penggunaannya terutama bagi anak-anak, Buatlah sejumlah aturan yang sudah disepakati bersama, berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan orang tua saat memberikan gagdet pada anak

  • Pahami ragam permainan yang ada dalam gadget, karena tidak semua permainan baik untuk anak-anak
  • Tidak menempatkan gadget didalam kamarnya agar orang tua dapat mengawasi aktifitas anak bersama gadgetnya
  • Berikan batasan waktu penggunaan gadget, sebaiknya anak-anak tidak diberikan kesempatan memainkan gadget lebih dari 30 menit karena konsentrasinya masih pendek.
  • Dampingi anak saat menggunakan gadget, untuk memberikan penjelasan untuk hal-hal yang tidak dimengerti anak-anak
  • Berikan penjelasan penggunaan gadget, gadget itu dapat bermanfaat untuk mempermudaah pekerjaan dan lebih praktis, jadikan gadget tepat guna.
  • Berikan contoh yang baik Jadilah orang tua yang memanfaatkan gadget dengan bijak. Kalau bisa mematikan smartphone saat dirumah, jalin komunikasi dengan anak dan keluarga.
sumber : female.kompas.com