Jumat, 27 Juli 2012

Alergi Pada Anak

Efek alergi yang terjadi pada Shafina ketika usinya menginjak 2 tahun mata bengkak, bibir bengkak dan gatal mata berair batuk dan pilek seperti flu
Saat Shafina berumur 2 tahun  dia sempat mengalami bengkak-bengkak pada mata pipi bibir dan bagian muka lainnya. Sempat kaget karena ini terjadi secara tiba-tiba, badannya panas , dia terlihat menggaruk-garuk bagian muka dan tubuhnya. Setelah check ke dokter ternyata shafina mengalami alergi pada makanan tertentu, seperti  Udang,cumi bahkan lele juga dia tidak bisa dikonsumsi olehnya. 
Ternyata Alergi tidak bisa disepelekan karena tak hanya menyerang kulit atau paru seperti yang selama ini kita ketahui, melainkan semua organ tubuh, termasuk otak.Menurut Dr. Widodo Judarwanto, Sp.A dari Children Allergy Center RS Bunda, Jakarta, alergi pada anak ternyata tidak sesederhana seperti yang diduga. Sebelumnya, sering kita dengar bahwa gejala alergi adalah batuk, pilek, sesak dan gatal di kulit. “Padahal, alergi dapat menyerang semua organ dan sistem tubuh, mulai paru, kulit, saluran kencing, jantung, bahkan susunan saraf pusat (otak),” ujar widodo

Alergi adalah kumpulan gejala akibat reaksi kekebalan tubuh (respon imun) yang berlebihan, yang diakibatkan oleh beberapa penyebab atau pencetus. Alergi dapat diturunkan dari orangtua atau kakek/nenek penderita.
Untuk mendeteksi alergi, banyak tahap yang dilakukan. Yang pertama adalah anamnesa, yakni melihat riwayat orang tua/keluarga/kakek-nenek dan riwayat penyakit sering berulang. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang. Antara lain skin test allergy, foto rontgen (foto polos dada), pemeriksaan laboratorium, dan lainnya.
Alergi tidak bisa dihilangkan hanya saja dapat dikurangi dengan cara menghindari segala sesuatu penyebab alergi.  Dengan pertambahan usia anak, di usia 6-7 tahun, pencetus alergi makanan biasanya akan semakin berkurang atau hilang.

Ternyata Alergi yang terjadi pada salah satu anak kembar kami, tidak terjadi pada pasangan kembar yang satunya, Jika seorang anak kembar memilki riwayat alergi belum tentu pasangannya juga mengalaminya. Oleh karena itu kenali alergi anak sejak dini dan jangan berfikir bahwa anak akan kebal jika diberikan makanan yang membuat dia alergi justru itu akan menambah penderitaannya. 





sumber :doktersehat.com