Selasa, 24 Juli 2012

SIKAP POSITIF ORANG TUA GUNA MENCEGAH REWEL PADA ANAK

Rewel merupakan bagian dari anak-anak, jika keinginannya tidak terpenuhi biasanya si anak akan rewel. Namun bukan berarti rewel pada anak tidak dapat dicegah, Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mecegah rewel, paling tidak hal ini dapat meminimalisir kerewelan pada anak.

Google

  1. Berfikirlah positif, Yakinlah bahwa anak akan menjadi anak yang baik, dengan adanya keyakinan ini akan terbentuk pula interaksi yang baik antara anak & orang tua
  2. Biasakan tidak mengalah pada kerewelan anak, Jika orang tua terbiasa mengalah pada kerewelan anak, rewel akan menjadi senjata baginya untuk meminta sesuatu. Ajari mereka untuk meminta sesuatu itu dengan cara yang baik.
  3. Tidak memberikan label, pemberian label pada anak akan membuat anak tidak percaya diri. lambat laun anak akan menjadi sepertiyang kita labelkan padanya. Jika kita memberikan label si rewel bisa jadi anak memilih bersikap rewel sepanjang waktu
  4. Fokus terhadap sikap anak, berikan perhatian pada semua sikap anak tidak hanya sikap buruknya saja tetapi sikap baiknya juga dan berikan perhargaan pada hal ini dapat membangun kepercayaan diri anak dan sikap positif anak.
  5. Tidak membanding-bandingkan  Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan. Tugas orang tua adalah memaksimalkan kelebihan setiap anak dan meminimalkan kekurangannya. Hal itu dapat menumbuhkan rasa percaya si batita bahwa dirinya memang memiliki keistimewaan.

Sumber: berbagai sumber