Rabu, 18 Juli 2012

KIAT-KIAT MELATIH ANAK IKUT BERPUASA

Puasa bagi orang muslim yang sudah baligh, wajib hukumnya. Puasa itu sendiri artinya menahan diri dari makan dan minum dan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari . Ada baiknya jika kita bisa mengajarkan puasa sejak dini. Namun mengerjakan hal itu tentulah tidak mudah terutama untuk anak-anak. Butuh trips dan trik untuk menjalaninya :
Berikut merupakan Tips dan trik Melatih anak untuk ikut berpuasa :

http://www.sasakmall.com

  1. Ajaklah anak-anak untuk makan sahur bersama-sama selain dapat menumbuhkan rasa kebersamaan bersama kelurga makan sahur itu sendiri sebagai sumber energi baginya. 
  2. Buatlah suasana sahur yang menyenangkan agar anak-anak tidak mengantuk. 
  3. Buatlah menu sahur yang disukai oleh anak-anak ( menu favorit anak-anak), tentu saja menu yang mengandung nutrisi, karbohidrat dan bergizi.
  4. Konsumsi makanan yang mengandung lemak untuk menghindari rasa lapar disiang hari dan konsumsi juga makanan yang mengandung banyak serat guna memperlancar buang air besar.
  5. Berikan vitamin penambah stamina bukan vitamin penambah nafsu makan karena dapat membuat anak lebih cepat lapar
  6. Berikan minuman yang mengandung gula seperti susu, teh manis, jus buah untuk penambah energi.
  7. Jika saat siang hari mereka tidak bisa menahan lapar makan biarkanlah mereka makan yang kemudian dilanjutkan berpuasa hingga waktu berbuka tiba 
  8. Berikan motivasi dan dukungan penuh untuk anak.
  9. Berikan pula penghargaan kepada mereka. Penghargaan bukan berarti memberikan sesuatu yang mahal atau berupa barang. Bisa saja berupa pujian atau berikan menu kesukaan saat berbuka 
  10. Berikan menu yang manis saat berbuka misalnya kurma atau teh manis sebaiknya tidak meminum minuman dingin saat berbuka.
  11. Saat berbuka sebaiknya makanlah secara bertahap guna menghindari kekenyangan.
  12. Ajaklah anak-anak untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan, bermanfaat tetapi tidak menguras energi pada saat menunggu waktu berbuka misalnya mendengarkan cerita kisah-kisah rosul.
sumber :