Kamis, 19 Juli 2012

Menu sehat saat berpuasa bagi wanita hamil

Berpuasa saat hamil kenapa tidak ? asalkan anda dan janin anda dalam kondisi sehat , ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter anda terlebih dahulu. Adapun menu yang baik dikonsumsi untuk wanita hamil  tentunya yang kaya akan nutrisi baik dari segi jumlah ataupun kandungannya.
Sebaiknya wanita yang hamil saat berpuasa banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C guna membantu meningkatkan penyerapan zat besi seperti hati, daging sapi, domba, sereal, roti, sayuran hijau, kismis, dan kacang-kacangan.
Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber asam folat yang didapat dari sayuran berdaun hijau, hati, daging sapi, dan telur.
konsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, yoghurt, keju, tahu , ikan salmon, mentega dan sereal.
Wanita hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup banyak untuk menghindari dehidrasi karena dapat menimbulkan masalah pada bayi.
Saat berbuka dianjurkan untuk memakan buah-buahan segar dan jus buah segar, jangan lupa tambahkan pula kedalam menu makanan anda makanan yang rendah lemak misalnya yoghurt, tambahkan pula rebusan telur dan makanan olahan ayam pada nasi anda atau roti anda.
http://preventionindonesia.com
Hal-hal yang perlu diperhatikan bagi wanita hamil yang berpuasa adalah

  • Hindari makanan yang bayak mengandung lemak, gula , garam dan kafein
  • Selalu memiliki makanan segar tersedia.
  • tetaplah pada diet rendah lemak 
  • Pilihlah buah dan sayur segar bila memungkinkan
Bagi wanita yang sedang hamil jika kondisi tidak memungkinkan untuk berpuasa maka sebaiknya berbuka atau tidak berpuasa.  


sumber : http://cara-cara-hamil.web.id